Kenapa Kita Perlu Menonton Di Situs Legal?

Hai, Gengs.

Ada banyak alasan yang diungkapkan oleh sesiapa saja yang menggilai menonton, terutama di masa sebelum pandemi, ketika berbagai tontonan legal kebanyakan ditayangkan di bioskop. Dana. Bisa jadi salah satunya.

Nggak mau bohong sih, saya pun sempat terjebak dalam dunia menonton yang ilegal begini. Apalagi, dahulu kala, kalau mau menonton drama Korea atau drama Jepang misalnya, ketidaktahuan membawa saya ikut berkerumun di lapak penjual DVD bajakan. Ya ampun bikin malu, suer.

Kamu pernah terjebak di masa lalu yang sama juga? Punya abang-abang penjual DVD langganan nggak sih dulu? Eh, bahkan film yang seharusnya nggak disaksikan sama anak remaja di bawah umur juga ikut diselundupkan di antara keping-keping DVD film bagus. Ya nggak sih?

Duh gengs, malu juga kalau diingat-ingat kedudulan saya jaman dulu. Mulai sekarang, saya berjanji untuk mengulanginya lagi. Maka, insyaAllah, setiap tulisan yang tayang di blog Ambil Remot merupakan tayangan yang disaksikan secara resmi, alias legal, baik dari channel distributor tontonan secara resmi, maupun platform berbayar.

Dulu tuh di masa muda – ya ampun berasa udah jompo banget ya, hihihi … -- menonton di situs legal pun termasuk ke dalam daftar ke sekian, sebab bisa jadi ada banyak ketidaktahuan yang seolah berusaha membendung hasrat untuk larut dalam berbagai berita di dunia perfilman.

Eits, saya nggak mau insaf sendirian. Tahukah kamu, sebenarnya, ada saja channel dan platform legal – terutama rasanya di masa pandemi seperti saat ini jadi lebih banyak berkembang – untuk kamu menyaksikan berbagai tontonan yang kamu suka? Coba sebutkan di kolom komentar ya.

Terlepas dari kegiatan menonton yang seringnya dianggap sebagai hobi, atau sekadar untuk melepas penat, sesungguhnya ada “sesuatu” yang perlu juga diperjuangkan dengan memilih berbagai situs legal untuk menyaksikan tayangan incaran. Walau memang, pada kenyataannya, situs ilegal masih menjamur dan seolah memberi air minum di saat kamu haus akan tontonan teranyar.

In other side, ada beberapa keuntungan yang bisa banget kamu dapatkan dengan menyaksikan hasil karya para sineas secara resmi lho. Kulik bareng yuk, gengs.

Nonton Di Situs Legal Lebih Aman

Tersedia akses yang lebih aman, kalau kamu memilih untuk menyaksikan berbagai karya para sineas melalui situs legal juga platform yang terjamin lho. Berbeda dari situs ilegal, dimana kamu secara sadar maupun nggak sadar, sedang diincar oleh malware.

Sedih banget nggak sih gengs rasanya kalau data pribadi kamu ternyata disusupi lalu disalahgunakan? Beneran nggak asik dan nggak seru deh kalau sudah pernah ngerasain. Niatnya cuma biar bisa senang-senang, eh … taunya malah merana belakangan.

Ih tapi kan ada triknya, caranya. Are you sure, kamu masih mau mempertaruhkan waktu dan data pribadi milik hanya demi kesenangan memperhatikan aktor dan artis kesukaan?

Soalnya, kalau di situs legal maupun platform, biasanya akan akan tim yang bertugas khusus untuk menjaga keamanan situs mereka dan menyamankan pengunjungnya. Walau memang sih, amit-amit deh kalau sampai ketemu celahnya dan data-data kita sebagai pengguna ikutan dibobol. Huhu.

Mendukung Industri Film Dengan Menonton Secara Resmi

Sometimes, menjadi orang baik itu nggak mudah.

Kalau misalnya, kamu punya sebuah karya, sesederhana sebuah lagu atau cerpen saja, dimana seluruh tenaga dan pikiran telah kamu curahkan ke si karyamu tadi, terus tiba-tiba kamu menemukan bahwa hasil jerih payahmu diplagiat orang tanpa rasa bersalah. Kamu marah nggak?

Kamu pernah dengar, tentang hukum sebab akibat dan juga karma di dunia ini? Nah, begitulah maksud saya, gengs.

Indirectly, dengan kamu menghargai hasil karya para sineas dengan menyaksikan karya mereka secara legal, bermakna kamu sudah sangat menghargai mereka. Semoga kelak, karya-karyamu pun akan diperlakukan sama oleh orang lain ya.

Yuk bareng-bareng kita bangun iklim sehat nan baik sebagai penikmat tontonan. Tanpa sadar, citra tanah air kita pun ikut terjaga lho kalau makin banyak yang tergeak untuk menonton dari distributor resmi.

Selain itu, layanan streaming legal pun sudah bekerjasama dengan pemilik konten sehingga adanya lisensi hak yang diberikan. Dengan kata lain, ada keuntungan secara materi yang akhirnya mengalir kepada para pembuat karya.

Kalau mau seseorang makin cemerlang karyanya kan, selalu ada saja yang dijadikan bahan bakar, demi mengolah ide hingga menjadi karya yang akhirnya kita saksikan itu, butuh proses dan melibatkan pendanaan juga.

Kualitas yang Bisa Dinikmati Oleh Penonton Legal

Memang sih gengs, kalau kita mengunduh tontonan yang nggak resmi pun, bisa dapat yang High Definition alias HD. Belum lagi, biasanya untuk beberapa film asing, sudah tersedia subtitle yang nggak kalah bikin penonton nyaman.

Hayo, coba sebutkan, apa saja sih nama penerjemah subtitle ilegal yang kamu hafal? Hihihi ….

Ya, tapi … balik lagi sih.

Dengan kamu menyaksikan setiap tontonan secara resmi, kamu bisa mendapatkan subtitle yang benar, kualitas video yang tajam dan bikin nyaman, termasuk kamu sudah mengurangi rasa bersalah – nggak tega sih kalau mau sebut dosa, kayaknya berat banget gimana gitu gengs – dengan menyaksikan tayangan legal.

Yuk kita jaga hak cipta dan lisensi, termasuk citra dari negara kita tercinta ini dengan menyaksikan berbagai tontonan di tempat yang seharusnya. Termasuk, biar pengunjung bioskop pun nggak berkurang karena sudah merasa bisa menonton secara gratis atau minta ijin copy dari teman.

Senangnya, di masa sekarang, biasa berlangganan di beberapa platform menonton pun mulai terasa nggak terlalu memberatkan kok. Semangat ya … temenin tim Ambil Remot untuk membangun iklim penonton yang baik dan bertanggungjawab yuk.

Komentar

  1. Sebagai orang yang juga punya karya kreatif meskipun belum banyak, menonton di situs legal adalah caraku buat mendukung pelaku industri kreatif. Seperti film Nussa kemarin, sampai beli tiket dua kali di situs resmi yang menayangkan biar bisa nonton berkali-kali, hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MasyaAllah kerennya.

      Bahkan nonton lebih dari satu kali. 👍

      Hapus
  2. bener banget, berasa enggak was-was kalau nonton di situs legal tuh, kualitas HD dan subtitlenya pun oke dan cepet keluarnya :)

    BalasHapus
  3. Merasa tersentil nih hihi. Tapi belakangan emg udah mulai aware ttg kelegalan suatu situs tempat aku nonton, terutama nonton anime. Alhamdulillah, skrg udh mulai banyak bermunculan situs legal utk nonton anime favoritku. Jadi seneng bgt deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes. Senang ya karena mulai banyak channel legal buat nonton anime. Walau nggak selalu bisa mengandalkan satu platform saja sih ya.

      Hapus
  4. Jadi malu deh, aku masih suka nonton drakor secara illegal. Tapi kalau film Indonesia entah kenapa lebih suka nonton di bioskop. Walaupun 2-3 tahun ini harus absen dulu karena pandemi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak juga kok film Indonesia yang tayang di platfor streaming legal. Semoga kita jad banyak belajar, paling nggak buat diri sendiri dulu ya Mba.

      Hapus
  5. Semoga situs legal semakin banyak dan bisa diakses dengan murah juga ya kak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya sudah cukup banyak pilihan untuk saat ini Kak. Termasuk untuk nonton anime.

      Hapus
  6. Seya juga nano-nano rasanya nonton di situs aneh-aneh gitu. Duit lagi tipis, akhirnya kadang masih buka yg ilegal. Tapi, pas ada duitnya saya beli/langganan di aplikasi yg legal. Saya suka sedih, apalagi pas buka telegram dihh byk bgt film bajakannya dan yg nonton juga banyak. Kalo dihitung2 byk bgt pelaku industri film ini rugi. Pas inget itu kadang saya gak jadi nonton di situs ilegal, krna sedih huhuuu :(

    BalasHapus
  7. Dulu nonton DVD sewa di rental, gak tahu tuh legal apa gak. Semenjak malas pergi ke bioskop, malas juga ke web film ilegal (karena iklannya ngeselin). Langganan aplikasi film yg legal juga murah hitungannya dan bisa nonton sepuasnya.

    BalasHapus
  8. kalo aku mikirnya dalam tayangan yang kita tonton seperti film itu ada hak orang lain, maksudnya ada kru yang butuh dibayar, ada pemain figuran yang dibayar, tim make up dll, nggak cuma pemain utama aja. Tapi emang kalo nonton yang legal kualitas gambarnya juga lebih bagus sih heehe :) Semoga kita tetep jadi orang baik ya mba :)

    BalasHapus
  9. Memang menggoda ya menonton film terbaru di situs ilegal, tapi sungguh ga adil utk pekerja kreatif. Lagipula sekarang banyak situs streaming legal dan pilihan filmnya ngga kalah bagus kok

    BalasHapus
  10. Kegetok nih. Masih suka nebeng nonton di link illegal. Hiks.
    Kapan hari, pas streamingan motogp lombok, ya di link 'begitulah' juga.
    Pengen banget dah, bisa disiplin menonton tayangan apapun di link resminya alias yg legal

    BalasHapus
  11. Skrg banyak banget ya situs ilegal yg beredar dimana2, kadang aku suka khilaf juga nih nonton di situs ilegal. Tapi makin ke sini lebih menghargai karya orang lain dengan membeli atau nonton premium di situs dan aplikasi legal..

    BalasHapus
  12. Nonton di apps legal..alhamdulillah,
    Bahu membahu sama suami buat langganan sana dan sini, hehhee...
    pokoknya kumpulin di satu device dan biasanya devicenya ada di rumah. Hehhee..
    memang lebih nyaman di situs legal karena ada selain HD, juga subs-nya gak ngaco.

    BalasHapus
  13. Iya, baiknya memang menonton di situs legal
    Sudah banyak situs legal yang biaya langganannya murah
    Aku sendiri sudah langganan 4 situs stereaming biar nggak ketinggalan drakor, hehe

    BalasHapus
  14. Banyak yang gampangin gtu nonto dari situs yang nggak resmi. Penyedianya banyak. Apalagi penggunanya.

    BalasHapus
  15. Wahh dulu semenjak kenal tele jadi sering nonton di tele, tapi banyak kekurangannya filmnya gak jernih, dan rawan di ban.. Sekarang nontonnya di langganan film bonus dari paket, jadi lebih jernih dan nyaman banget ditonton hhi

    BalasHapus
  16. ini emang sih, aku nonton di situs ilelgal ga nyaman, pencet apa keluar apa kwkwkw

    BalasHapus
  17. duh ini tamparan banget buat saya yang masih suka nonton di situs ilegal, huhuhu. Tapi kadang memang terpaksa harus nonton atau donlot dari situs ilegal karena memang gak bisa nonton di situs/aplikasi legal, salah satu contohnya drama terbarunya lee min ho yang judulnya pachinko

    BalasHapus
  18. semenjak semakin banyak layanan streaming online aku tuh selalu nonton disitus legal. sebagai salah satu bentuk menghargai pembuat film..

    BalasHapus

Posting Komentar