Dream High (2011) : Belajar Memperjuangkan Impian

Walau sudah jelang 10 tahun berlalu, rupanya saya senang sekali ketika menemukan drakor Dream High yang sempat hits di waktu saya masih kuliah, kini bisa saya saksikan kembali, secara legal pula.

Gengs, apa dulu kamu juga penonton setia akting dari Bae Suzy, Taecyeon 2PM, dan Kim Soo Hyun di drama musikal ini?

Demi menyampaikan kebahagiaan saya yang bisa rewatch drama korea Dream High, maka spesial saya hadirkan curhatan saya tentang drama korea yang berlatar di Kirin Art School ini, untuk kamu. Tentunya dengan sudut pandang saya yang sudah tumbuh mendewasa, di masa sekarang.

drakor-dream-high-season-1

Tentang Drama Korea Dream High 2011

Ada kebahagiaan tersendiri kalau bisa menonton kembali tayangan yang di masa dulu pernah sangat disukai. Maka, selanjutnya, saya sangat berterima kasih pada salah satu layanan nonton streaming legal yang kembali memunculkan wajah menggemaskan Wooyoung 2PM bersama teman-temannya di sini.

Seolah ada kerinduan yang buncah, ketika soundtrack pembukanya nan masih sering saya putar ini, muncul. Saya seperti tertarik ke masa lalu, hadir sebagai remaja di satu dekade yang lalu, remaja yang gandrung luar biasa pada salah satu drama korea yang membawa saya makin jatuh cinta pada Negeri Ginseng.

Maka demi mengenang keseruan drama korea musikal satu ini, dan tentang apa sih Dream High itu, maka yuk kita obrolin bareng-bareng.

Judul : Dream High

Tahun Tayang : 2011

Sutradara : Lee Eung Bok

Penulis Skenario : Park Hye Ryun

Pemain Utama : Bae Suzy, Taecyeon, Kim Soo Hyun, Ham Eun Jung, Wooyoung, IU

Durasi : 16 episode

dream-high-2011

Sinopsis Drama Korea Dream High

Drama Korea bertema musikal ini menjadikan tiga masalah dari ketiga tokoh utamanya, yaitu Go Hye Mi (Bae Suzy), Hyun Si Hyuk alias Jin Guk (Taecyeon), dan Song Sam Dong (Kim So Hyun), berklindan, bersamaan dengan kesemua pemainnya yang sedang berproses dalam mengejar impian mereka sebagai bintang.

Go Hye Mi yang tadinya sangat ingin melanjutkan sekolah musiknya di Juiliard, sebuah sekolah khusus bagi para penyanyi opera, harus mengubah pilihan hidupnya demi melunasi utang sang Ayah pada seorang rentenir bernama Ma Doo Shik (Ahn Kil Kang). Padahal, Go Hye Mi bahkan sudah mendapat tawaran khusus agar bisa bersekolah di sana.

Sayang seribu sayang, sebab utang sang Ayah yang bisnisnya telah bangkrut. Ditambah si Ayah yang pergi meninggalkannya berdua saja dengan sang adik yang masih kecil, Go Hye Sung (Ahn Seo Hyun). Setelah lelah dikejar sana sini oleh Ma Doo Shik dan pengawalnya, Go Hye Mi akhirnya menurut.

Uniknya, bukannya malah “dijual” atau bagaimana, Go Hye Mi yang diteliti memiliki bakat sebagai bintang, malah dipaksa untuk masuk ke Kirin Art School melalui seleksi terbuka. Tuntutannya, Go Hye Mi harus lolos dan belajar di sana, bagaimana pun caranya. Tujuannya, agar setelah debut nanti, Go Hye Mi bisa melunasi semua utang ayahnya. Hmm … Ma Doo Shik ini rentenir baik hati apa gimana ya?

Di sisi yang lain, Go Hye Mi yang selalu diekori oleh teman perempuan dan merangkap sebagai fans – habis kemana-mana seolah Go Hye Mi itu tuan putri banget – Yoon Bark Hee (Eunjung), rupanya senang sekali saat tahu kalau Go Hye Mi juga mau ikut audisi di Kirin Art School. Yoon Baek Hee pun ingin memberitahu ibunya, kalau ia punya bakat yang istimewa, dengan mengikuti audisi terbuka di SA Kirin.

Eh, bukannya kompak. Ketika CEO Kirin Art School yang turut menjadi juri, Jung Ha Myung (Bae Yong Joon) memilih Yoon Baek Hee sebagai peserta yang lolos audisi, sontak Go Hye Mi melawan. Dia mempertanyakan kualitas juri, dan merasa kalau musik pop itu “sampah”, alias nggak semewah musik klasik. Wadudu ….

Ujung-ujungnya, Yoon Baek Hee seperti menyimpan dendam kesumat nih sama Go Hye Mi. Baginya, Go Hye Mi bukan lagi teman, melainkan saingan, musuh. Ia pun melakukan berbagai cara kotor untuk menjadikan dirinya sebagai “bintang”. Dirinya yang dulu baik hati, berubah persis “monster” deh. Ih ….

Belum selesai segala kekacauan yang diakibatkan si Go Hye Mi, si gadis manis yang arogan. Ternyata, ia harus menyandarkan hidupnya sementara waktu sambil menunggu kemunculan ayahnya pada si teman lama ibunya, Kang Oh Hyuk (Uhm Ki Joon) yang juga menjadi guru di Kirin Art School. Payahnya, guru Kang hampir dipecat, jika saja nggak menemukan tiga murid incaran sang CEO Jung sebagai murid khusus, yaitu Go Hye Mi, Hyun Si Hyuk, dan Song Sam Dong.

Nah, dari sini nih, pergulatan masalah yang dialami Go Hye Mi, berputar bersama dengan masalah yang diam-diam disimpan oleh Hyun Si Hyuk (Taecyeon) yang memang mengubah nama panggilannya menjadi Jin Guk, akibat ia yang rupanya anak dari seorang politikus.

Di pihak lainnya, ada kehidupan Song Sam Dong (Kim So Hyun) si anak kampung yang sama sekali nggak mengenal musik, tetapi punya telinga dan bakat bermusik yang luar biasa. Ia pun menjadi rival dari Hyun Si Hyuk dalam urusan asmara dengan Go Hye Mi.

Ada banyak sekali masalah remaja yang dihadirkan dalam drakor yang disutradarai oleh Lee Eung Bok, dan disebut-sebut sebagai drama korea yang melambungkan nama para pemainnya, semisal Bae Suzy, IU, dan tentunya Kim So Hyun ini. Urusannya memang lebih banyak bermain di ranah percintaan, tapi nggak selalu tentang jatuh cinta pada lawan jenis.

Drakor Dream High mengolah urusan percintaan di usia remaja, bergolak lebih banyak ke dalam karakter setiap pemainnya. Cinta terhadap diri sendiri, alias selflove, diangkat kuat, walau pesannya sungguh tersampaikan dengan halus sekali.

Sesederhana, tokoh Kim Phil Sook (IU) yang bertubuh gemuk dengan penampilan fisik kurang menarik, namun punya suara dan bakat bermusik yang luar biasa, harus melakukan diet ketat demi bisa merebut hati teman seangkatannya, Jason (Wooyoung). Kemudian, ia malah bertanya-tanya, apa selama ini, berbagai usaha menurunkan berat badan yang ia lakukan, semata-mata hanya untuk merebut hati Jason? Atau harusnya, ia memiliki tujuan yang lebih baik terutama bagi dirinya sendiri?

Kemudian, guru Kang, misalnya. Bagaimana ia bisa mempertahankan posisinya sebagai guru di Kirin Art School, di saat persaingan di ruang guru sungguh mencekiknya. Sementara ia belum sanggup mencari pekerjaan lain, apalagi merasa kalau murid-muridnya, masih menjadi tanggungjawabnya.

Saya memberi acungan jempol untuk drama korea Dream High yang punya lini kisah yang kaya sekali, bagi setiap karakter yang dimunculkan. Wajar bila, hingga hari ini, Dream High Season 1 ini masih punya kesan tersendiri di hati saya, baik jalan ceritanya, sampai ke soundtrack-nya.

Alumni “Dream High” yang Jadi Bintang Drama Hingga Kini

Serupa dengan kisah yang digulirkan sepanjang 16 episode dari Dream High Season 1, apa para pemeran utamanya sudah mencapai impian mereka sebagai seorang bintang?

Jika banyak yang menyebutkan bahwa drakor Dream High adaah batu lompatan menuju popularitas bagi para pemainnya, maka saya nggak akan menyangkalnya. Lihat saja, apa yang sudah banyak terjadi para para pemeran utamanya setelah satu dekade berlalu.

kim-so-hyun-dream-high

Kim So Hyun si pemeran Song Sam Dong, sudah bermain di banyak drama yang nggak kalah hits, semisal My Love From The Star yang bahkan diadaptasi menjadi sebuah sinetron di Indonesia, berjudul Kau yang Berasal dari Bintang. Termasuk, turut diadaptasi juga di beberapa negara lain, yaitu China, Filipina, Thailand, bahkan Jepang.

 

bae-suzy-dream-highkj

Kalau Bae Suzy, wah … walaupun girl group Miss A sudah dinyatakan bubar pada 2017 lalu, karir si nona cantik ini makin gemilang. Setelah dapat julukan sebagai nation’s first love karena berperan dalam film Architecture 101, bahkan di film Ashfall dia berani menantang dirinya menjadi seorang ibu hamil.

IU yang di dunia nyata juga pernah mengalami masa perjuangan dalam menurunkan berat badannya, walau nggak gemuk banget seperti karakter Kim Phil Sook yang dimainkannya di Dream High, kini bukan hanya sukses sebagai penyanyi. Salah satu drama korea bertema fantasi yang saya suka darinya adalah Hotel Del Luna.

Nah, kalau Taecyeon 2PM, apa kabarnya nih? Hmm, kamu yang sudah menyaksikan drama korea Vicenzo, pasti sudah menemukan dirinya yang berperan sebagai seorang antagonis di sana.

Sayangnya, sosok tampan dengan senyum menggemaskan yang belum pernah lagi saya temui bermain dalam sebuah drama itu, Wooyoung 2PM. Tapi rupanya, ia masih banyak menelurkan single dan kelihatannya lebih berfokus pada dunia tarik suara sih ya. Duh … secara, sepanjang nonton Dream High, saya paling menunggu-nunggu kemunculannya bersama dengan IU lho.

By the way, apa kamu dulu juga sempat menonton drama korea Dream High 2011 seperti saya, Gengs?

Komentar

  1. Wajar ya dianggap sebagai batu loncatan popularitas pemainnya. karena bertahun-tahun setelah bermain di drakor ini, pemainnya masih aktif dan kian laris di dunia seni peran.

    BalasHapus
  2. Drama tentang dunia anak muda memang menariknya itu ditonton karena kita pernah di masa itu kali ya ... maksudnya kalau film remaja, kita juga pernah remaja jadi ada yang relate gitu.

    BalasHapus

Posting Komentar